Thursday, May 9, 2013

Apa itu iPhone FU dan iPhone SU?



iPhone FU
FU adalah kepanjangan dari Factory Unlocked. Adalah iPhone yang ter-unlock dari pabrik, tidak terikat pada operator seluler. Bisa menggunakan simcard apa saja dengan bebas tanpa harus melakukan jailbreak dan unlock.

iPhone SU
Kebalikan dari iPhone FU adalah iPhone non-FU, yaitu iPhone yang bersifat locked-to-carried (terikat kontrak dengan operator seluler). iPhone non-FU inilah seringkali disebut dengan iPhone SU.
Biasanya (tapi tidak selalu), ketika Apple akan merilis iPhone ke suatu negara, Apple akan bekerja sama dengan salah satu atau beberapa operator seluler di negara tersebut. Bentuk kerjasama ini berupa penjualan iPhone yang memiliki kontrak. Pembeli harus terikat kontrak selama beberapa tahun (biasanya 2 tahun) untuk dapat membeli iPhone dari operator seluler tersebut. iPhone yang dibeli berdasarkan kontrak tersebut hanya bisa digunakan dalam jaringan seluler dari operator aslinya saja (operator yang terikat kontrak). Dengan kata lain, iPhone tersebut ter-lock pada operator. iPhone jenis ini tidak bisa menggunakan simcard lain. Dan ketika iPhone diaktifkan untuk pertama kalinya, yang terpasang pada iPhone haruslah simcard originalnya, kalau tidak maka iPhone tidak akan bisa digunakan. iPhone yang seperti inilah yang dikenal dengan istilah iPhone SU.
Namun, ada beberapa operator yang menjual iPhone tanpa kontrak. iPhone ini sebenarnya iPhone FU yang diedarkan melalui operator seluler. Kita bisa menggunakan simcard apapun pada iPhone ini karena jaringannya tidak ter-lock pada operator seluler tertentu.