Thursday, June 6, 2013

Komunikasi Pengembangan dan Perubahan Sosial Dalam Masyarakat

Komunikasi Pengembangan adalah lanjutan dari Komunikasi Pembangunan, dimana komunikasi pembangunan mempunyai pengertian yaitu upaya, cara dan teknik menyampaikan suatu gagasan dan keahlian dalam membangun. Membangun disini berarti membangun masyarakat daerah tertentu untuk lebih maju dan sejahtera.
Menurut Everett M. Rogers (1985) menyatakan bahwa, secara sederhana pembangunan adalah perubahan yang berguna menuju suatu sistem sosial dan ekonomi yang diputuskan sebagai kehendak dari suatu bangsa. Pada bagian lain Rogers menyatakan bahwa komunikasi merupakan dasar dari perubahan sosial.1
Apabila kita membangun masyarakat pasti ada namanya pengembangan, karena itulah komunikasi pengembangan penting untuk dipelajari. Komunikasi pengembangan sendiri tidaklah berlangsung dengan cepat atau instan, tapi juga memerlukan proses. Proses itu dinamakan perubahan sosial, perubahan sosial sendiri pasti terjadi seperti halnya kita manusia, dari kecil sampai tumbuh besar.
Perubahan dalam hubungan interaksi antar orang, organisasi atau komunitas, ia dapat menyangkut “struktur sosial” atau “pola nilai dan norma” serta “pran”. Dengan demikian, istilah yang lebih lengkap mestinya adalah “perubahan sosial-kebudayaan” karena memang antara manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dengan kebudayaan itu sendiri.
Menurut kingsley davis, perubahan sosial merupakan perubahan perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.2

Hal-hal yang penting dalam komunikasi pengembangan ataupun pembangunan adalah adanya terjadi kesepahaman, kenapa demikian. Karena kalau antara komunikator dan komunikan tidak terjadi kesepahaman, maka pembangunan atau pengembangan yang kita sampaikan gagal, dan sebaliknya apa bila terjadi kesepahaman antara komunikator dan komunikannya maka pembangunan dan pengembangan yang kita lakukan itu berhasil.